You Are Reading

0

Apa itu Tenses?

Criss Jp Tuesday, August 24, 2010

TENSES
Tenses adalah kata kerja yang menerangkan bentuk-bentuk waktu yang terdapat dalam Bahasa Inggris. Bentuk-bentuk waktu dimaksud adalah bahwa setiap kegiatan/ kejadian/ peristiwa/ situasi memiliki waktu tersendiri. Tenses ini mempengaruhi bentukan kata kerja alias verb dalam suatu kalimat. Tenses ini sangat penting untuk dipahami dalam belajar Tata Bahasa (Grammar) yang khususnya Bahasa Inggris, dimana Tenses ini sangat berperan penting dalam suatu kalimat baik yang berwujud lisan maupun tulisan. Secara garis besar, Tenses ini berada dalam tiga rangkaian waktu, yaitu: Past (masa lampau), Now (masa sekarang), dan Future (masa akan datang).

 

  • THE SIMPLE TENSES

 

1.      Simple Present Tense, adalah bentuk waktu kegiatan sederhana yang menceritakan atau memberikan informasi tentang suatu kejadian/ peristiwa/ situasi yang selalu, biasanya, atau mungkin suatu hal yang dari dulu, kini dan (mungkin) di masa mendatang tetap ada/ terjadi dan tidak berubah.
e.g: - I don't read a Novel.
        - She meets your mother everyday.
Note: untuk kata kerja yang ber-subject orang ketiga tunggal (He, she, it), maka kata kerjanya ditambahkan "es/s".

 
2.      Simple Past Tense, adalah bentuk waktu kegiatan/peristiwa/ situasi yang lampau dari suatu kalimat berita dan tidak ada hubungannya pada saat ini, meskipun
hal tersebut baru saja terjadi beberapa saat sebelum saat sekarang ini. Ataupun, hal tersebut telah lama terjadi namun tak lagi berkaitan pada saat sekarang ini (now).
e.g:  - He went home yesterday.
        - They were so scared of her performance.

 
3.      Simple Future Tense, adalah kata kerja yang menerangkan bentuk waktu kegiatan/peristiwa/ situasi yang
akan terjadi pada masa yang akan datang.
e.g:  - They will get in here by one o'clock.
        - She will not (won't) be on time.
4.      Simple Past Future Tense, adalah kata kerja yang menerangkan bentuk waktu kegiatan/peristiwa/ situasi yang hendak terjadi pada masa yang akan datang seandainya hal lain terjadi.
e.g:  - I would study hard if you lent me your English book.
        - She would stay home if you paid her.
  •   THE PROGRESSIVE/ CONTINUOUS TENSES
1.      Present Progressive Tense, adalah kata kerja yang menerangkan bentuk waktu yang menerangkan atau menjelaskan suatu kejadian/peristiwa/situasi
yang sedang berlangsung pada saat ini (now). Dalam Tense ini, kata kerjanya/ verb-nya ditambahkan suffix "-ing", serta di depan subject-nya ditambahkan "tobe"
e.g: - I am looking at the picture on the wall.
        - Her aunt is singing out loud over there.

 

 
2.      Past Progressive Tense, adalah kata kerja yang menerangkan bentuk waktu kegiatan/peristiwa/situasi yang sedang  terjadi pada waktu lampau ketika hal lain terjadi pada saat itu juga.
e.g:  - we were sleeping when she got in.
        - They were reading some magazines when I passed by the classroom.

 
3.   Future Progressive Tense, adalah kata kerja yang menerangkan bentuk waktu kegiatan/ kejadian/ peristiwa/ situasi yang akan sedang berlangsung pada masa yang akan dating, ketika hal lain juga ikut terjadi.
      e.g: - Criss will be enjoying meal of seafood when shinta comes.
              - You will be reading your book when your father comes.

 
 4. Past Future Progressive Tense, adalah kata kerja yang menerangkan bentuk waktu kegiatan/peristiwa/ situasi yang hendak
akan sedang terjadi pada masa yang akan datang apabila hal lain terjadi/ terlaksana. (Kenyataannya, belum terjadi alias Berandai saja)

 
      e.g:  - They would be singing if you had spare time.
              - They would be going if you informed them.
  • THE PERFECT TENSES
1.      Present Perfect Tense, adalah kata kerja yang menerangkan bentuk waktu kegiatan/ kejadian/ peristiwa/ situasi yang telah terjadi sebelum saat sekarang ini (now) dan hal tersebut masih ada kaitannya pada saat sekarang ini. Kalimat ini, tak perlu ditambahkan dengan keterangan waktu/ adverd of time, kecuali bila menggunakan kata "SINCE" atau "FOR".
e.g:  - I have waited for you since a week ago.
        - She has told me about the history.

 
2.      Past Perfect Tense, adalah kata kerja yang menerangkan bentuk waktu kegiatan/ kejadian/ peristiwa/ situasi yang telah terjadi sebelumnya atau pada masa lampau dan telah selesai pada masa itu juga ketika hal lain terjadi, dimana hal tersebut tidak lagi berkaitan pada masa sekarang ini (now).
e.g:  - I had already gone out when they came around.
        - They had bought a bottle of Vodka when I wanted to drink.

 

 
3.      Future Perfect Tense, adalah kata kerja yang menerangkan bentuk waktu kegiatan/ kejadian/ peristiwa/ situasi yang akan telah selesai di masa yang akan datang sebelum hal yang lain akan terjadi pada saat itu.
e.g:  - I shall/ will have slept when they arrive.
        - She will have woken up when the dawn begins.
4.   Past Future Perfect Tense, adalah bentuk waktu kegiatan/ kejadian/ peristiwa/ situasi yang hendak
akan telah terjadi pada masa yang akan datang, andaikan saja hal lain terjadi. (Kenyataannya, belum terjadi alias Berandai saja).
      e.g:  - They would have visited if you had spare time.
              - They would have gone if you had informed them.

 
  • THE PERFECT PROGRESSIVE TENSES
1.      Present Perfect Progressive Tense, adalah kata kerja yang menerangkan bentuk waktu kegiatan/ kejadian/ peristiwa/ situasi yang telah sedang terjadi sebelum saat sekarang ini (now) dan hal tersebut masih ada kaitannya pada saat sekarang ini. Kalimat ini, tak perlu ditambahkan dengan keterangan waktu/ adverd of time, kecuali bila menggunakan kata "SINCE" atau "FOR".
e.g:  - I have been studying for five hours today.
        - we have been working for eight hours.
2.   Past Perfect Progressive Tense, adalah kata kerja yang menerangkan bentuk waktu kegiatan/ kejadian/ peristiwa/ situasi yang telah sedang terjadi sebelumnya atau pada masa lampau dan telah selesai pada masa itu juga sebelum hal lain terjadi, dimana hal tersebut tidak lagi berkaitan pada masa sekarang ini (now).
      e.g:  - I had been studying for one hour before my friends got in.

              - He had been stealing an English book before Andy looked him

3.  Future Perfect Progressive Tense, adalah kata kerja yang menerangkan bentuk waktu kegiatan/ kejadian/ peristiwa/ situasi yang akan telah sedang tejadi di masa yang akan datang sebelum hal yang lain akan terjadi pada saat itu.
      e.g:  - I shall/will have been teaching by the time you graduate.
              - You will have been crying by the time he leaves home.
4.   Past Future Perfect Progressive Tense, adalah kata kerja yang menerangkan bentuk waktu kegiatan/ kejadian/ peristiwa/ situasi yang hendak
akan telah sedang terjadi pada masa yang akan datang, andaikan saja hal lain terjadi/terpenuhi. (Kenyataannya, belum terjadi alias Berandai saja).
      e.g:  - They would have been visiting if they hadn't worked.
              - They would have been going there if you had informed them.

0 Add comments:

Post a Comment

 
Copyright 2010 Online English Course
I am here: Admin Fb Contact Admin